Sabtu, 29 Oktober 2011

10 Peninggalan Sejarah Paling Misterius

,
Share

Sejumlah  tempat di  berbagai belahan dunia, terdapat sejumlah monumen yang  keberadaan masih  misterius karena para ilmuwan belum berhasil menyingkap  tuntas tentang  latar belakang benda-benda bersejarah itu. namun pada postingan ini hanya membahas 10 monumen yang  dianggap paling misterius di dunia.

Berikut 10  monumen/reruntuhan  monumen yang paling misterius sepanjang sejarah :

1.Monumental  Instructions for the  Post-Apocalypse (Monumental Petunjuk untuk  Post-Wahyu)

  Di sebuah bukit kecil di timur  laut tandus Georgia berdiri monumen  paling paling aneh dan misterius  di dunia. Namun melihat dari arsitektur  bangunan, monumen itu tidak  diciptakan pada zaman kuno

Dikenal sebagai 'Georgia  Guidestones', lima struktur batu ini  tingginya16 feet, dengan berat  20-ton. Pada bongkahan granit ada tulisan  dalam delapan bahasa - di  antaranya bahasa hieroglif Mesir, Hindi dan  Swahili - dengan instruksi  agar yang selamat membangun kembali  peeradaban baru di bumi. Apakah  instruksi dalam delapan bahasa itu  berkaitan dengan ramalan kiamat? Ini  yang masih belum jelas. Tidak jelas  juga perintah ini ditujukan untuk  siapa. Lebih tidak jelas lagi, siapa  yang membangun monumen aneh ini.




2.  Danau Michigan Stonehenge


  Awalnya, sekelompok peneliti  menggunakan sonar untuk mencari bangkai  kapal di dasar Danau Michigan,  hasil yang didapat sungguh mengejutkan.  Mereka justru menemukan  struktur Stonehenge kuno 40 feet di bawah  permukaan air. Sebagian dari  batu tersebut dalam suatu lingkaran dan  satu muncul untuk menunjukkan  ukiran dari suatu MASTODON. Diduga, benda  purbakala ini dibangun 10,000  tahun lalu, kemungkinan bertepatan dengan  pasca-Ice Age kehadiran  manusia dan mastodons di daerah. . Michigan  sudah memiliki situs  Petroglyph dan batu berdiri.


3. Reruntuhan dibawah Laut di Jepang
 
Di pantai  selatan Yonaguni,  Jepang, terdapat  reruntuhan yang  terendam,  diperkirakan telah berusia   sekitar 8.000 tahun. Though some people believed  that it was carved by geographic phenomena,  it's now confirmed to be  man-made as the intricate stairways, carvings  and right angles suggest. Meskipun sebagian orang  percaya bahwa itu merupakan kreasi alam, namun  sekarang muncul  suara-suara yang menyebut itu buatan manusia. Hal itu  terlihat dari  susunan tangga yang rumit, ukiran-ukiran yang ada di sana  yang diyakini  sebagai buatan manusia. Situs ini ditemukan 1995 oleh  seorang penyelam  yang tersasar terlalu jauh dari pantai Okinawa.  Kebetulan juga dia  membawa camera untuk memotret bawah laut.

4.Kejaiban  di bawah permukaan laut  Alexandria, Mesir


  Reruntuhan ini dipercaya  merupakan kota Alexander Agung, di mana istana  Cleopatra berada.  Tenggelamnya kota itu diperkirakan terjadi 1.500  tahun lalu akibat  gempa bumi dahsyat. Bersamaan dengan terbenamnya  istana itu, tenggelam  juga artefak-artefak yang menghiasi istana, serta  bangunan-bangunan  lain dari istana Cleopatra itu. Reruntuhan kota yang  ditemukan di dasar  laut ini, memang sengaja tidak diangkat ke daratan.  Pemerintah  setempat berencana menjadikannya lokasi ajaib bawah laut itu  sebagai  wisata air.

5.Misteri   Stones Baalbek di Libanon

  Kuil Romawi yang terbesar yang  pernah dibangun dan kini tinggal  reruntuhannya, sebenarnya bukan di  Yunani atau Roma, tapi justru di  Baalbek, Libanon. Kuil itu dihancurkan  oleh Kaisar Bizantium Theodosius,  beruntung tidak semua bagian musnah.  Masih ada 6 dari 54 kolom, yang  masih berdiri hingga kini. Enam kolom  inilah menjadi saksi sejarah dan  meninggalkan jejak mistri yang  menunggu diungkap.Meskipun sisa-sisa kemegahan  kuil ini masih terlihat jelas, namun  sebenarnyalah, kuil ini sempat  terbengkalai akibat perang. Selama  beberapa dekade, jarang sekali  wisatawan berkunjung ke tempat ini akibat  perang. Untungnya juga,  perang tidak sampai menghancurkan kuil  bersejarah ini.


6. Tiga Lingkaran Batu Kuno Megalithic

Di selatan Turki, tepat di  utara perbatasan dengan Suriah, terdapat  tiga lingkaran batu megalitik  berusia ribuan tahun, lebih tua daripada  batu lingkaran Stonehenge.  Anehnya, lingkaran-lingkaran batu kuno ini  dibangun oleh kelompok  pemburu pada masa itu. Sebelumnya, dipercaya  bahwa manusia purba tidak  mungkin bisa membuat bangunan itu, sampai  mereka mencapai taraf  kemajuan tertentu. Ketika ditemukan, lingkaran  batu itu dalam keadaan terkubur. Tak ada  yang tahu apa alasan atau  latar belakang kenapa benda itu terkubur.  Namun sebagian orang percaya  bahwa Göbekli Tepe dan wilayah sekitarnya  adalah awal dari sejarah  manusia yakni lokasi Taman Eden sebagaimana  yang dikisahkan dalam  Alkitab..

7. Pulau Paskah

Pulau  Paskah, juga dikenal  sebagai Rapa Nui atau Isla de Pascua, adalah  sebuah pulau Polinesia di  tenggara Samudra Pasifik, yang paling terkenal  dengan patung-patung  yang monumental yang diciptakan oleh orang-orang  Rapanui.Patung-patung,  yang disebut  Moai, adalah bagian dari penyembahan leluhur pulau yang  dilakukan oleh  masyarakat setempat pada masa itu. Patung-patung itu  diduga dibuat  antara 1250 dan 1500 Masehi. Moai  terberat berbobot 86 ton.  Ini menggambarkan betapa besar prestasi  mereka yang mampu menciptakan  rapanui, juga memindahkan patung-patung  yang beratnya mencapai puluhan  ton. Beruntung, patung-patung kuno ini  sebagian masih bisa dilihat  diRaraku, tetapi ratusan patung lainnya  dipindahkan ke pulau-pulau  sekitar.

8.Stonehenge, Monumen  Prasejarah di Inggris

Mungkin  monumen kuno yang  terbilang masih dalam kondisi baik adalah Stonehenge,  terletak di  Wiltshire, Inggris. Bangunan purba ini diperkirakan  dibangun 2500  sebelum masehi, namun kemudian mengalami revisi dan  renovasi terus  menerus selama 1400 tahun. Meskipun segala teori dan  spekulasi  dikemukakan, tapi tak seorang pun tahu apa tujuan awal dari  monumen  prasejarah ini dan tetap salah satu misteri terbesar bumi.

9.Machu Picchu

Machu  Picchu adalah kota  peninggalan bangsa Inca yang paling terawat baik.  Kota kerajaan ini  tersembunyi di pegunungan Andes Peru, berada di  pegunungan yang tinggi  dengan jalan yang terjal namun pada puncaknya  datar. Sebuah lokasi,  yang konon merupakan tempat pelarian bangsa Inca  dari kejaran Spanyol.
Kota  ini selama berabad-abad  tersembunyi dan terisolasi dari dunia luar  sampai kemudian seorang  arkeolog, Hiram Bingham, menemukannya pada tahun  1911. Berdasarkan  penelitian, diperkirakan kota Machu Picchu dibanun  pada 1450 masehi  sebagai tempat persembunyian penguasa Inca Pachacuti.

10.Great  Zimbabwe Ruins

Hanya  sedikit orang yang tahu  bahwa Zimbabwe, Afrika, memiliki reruntuhan  batu kuno tertua di dunia.  Lokasinya di pedesaan. Diduga, reruntuhan  batu kuno itu dulunya adalah  bangunan yang dihuni oleh 18.000 jiwa.  Begitu besarnya bekas-bekas  reruntuhan, maka disebut Great Zimbabwe  Ruins. Berdasarkan  penelitian,  bangunan itu dibangun pada abad ke-11, uniknya bangunan itu  didirikan  tanpa menggunakan semen. Tidak ada yang tahu pasti mengapa  situs itu  akhirnya ditinggalkan.

0 komentar to “10 Peninggalan Sejarah Paling Misterius”

Posting Komentar

 

Jendela Kamu Copyright © 2011