Minggu, 18 Desember 2011

Goa Gong, Goa terindah dari Pacitan

,
Share

Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan, sekitar 30 kilometer dari Kota Pacitan. Goa Gong merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Pacitan.
Goa Gong merupakan satu dari gua-gua yang tersembunyi di perut gunung-gunung kecil yang ada di Pacitan. Goa ini merupakan goa horizontal dengan panjang sekitar 256 meter. Di dalam goa itu terdapat stalaktit, batuan kapur berbentuk kerucut di langit-langit gua, dan stalagmit, batuan kapur yang berdiri tegak di dasar berusia ratusan tahun.
Dinamakan Gua Gong karena menurut cerita yang beredar, dari dalam gua ini sering terdengar bunyi-bunyian yang menyerupai suara gong. Proses ditemukannya Gua Gong sendiri terjadi secara tidak sengaja. Alkisah, pada suatu ketika terjadi musim kemarau yang berkepanjangan, sehingga di Dusun Pule terjadi kekeringan. Air sangat sulit untuk diperoleh. Mbah Noyo Semito dan Mbah Joyo berinisiatif untuk mencari air ke dalam gua yang ada di tempat itu. Dengan menggunakan obor yang terbuat dari daun kelapa kering yang diikat, mereka mecoba menelusuri lorong-lorong gua. Setelah menghabiskan tujuh ikat obor, mereka menemukan beberapa sendang dan mandi di dalamnya. Penemuan itu terjadi sekitar tahun 1930.

3 komentar to “Goa Gong, Goa terindah dari Pacitan”

  • 19 Desember 2011 pukul 21.50
    Unknown says:

    mandi di dalem sono kayaknya seger tuhhh :D
    btw, kunjung balik ya! http://jonikonslet.blogspot.com/

    delete
  • 26 Desember 2012 pukul 20.59

    ada di buku lain yang menemukan koq 7 pemuda yang sedang mendaki gt,,,???

    delete
  • 16 September 2019 pukul 12.25
    Miliana says:

    tempatnya indah sekali yah

    berita rohingya

    delete

Posting Komentar

 

Jendela Kamu Copyright © 2011