Jumat, 11 November 2011

Sejarah Kerupuk

,
Share

Tahukah Kamu apa itu kerupuk?  Menurut Om Wikipedia,
Kerupuk atau krupuk adalah makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung tapioka dicampur bahan perasa seperti udang atau ikan. Kerupuk dibuat dengan mengukus adonan sebelum dipotong tipis-tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak.
 
Kerupuk bertekstur garing dan sering dijadikan pelengkap untuk berbagai makanan Indonesia seperti nasi goreng dan gado-gado. Jenis kerupuk yang paling umum dijumpai di Indonesia adalah Kerupuk udang dan kerupuk ikan. Harga Kerupuk relatif murah seperti kerupuk aci atau kerupuk melarat hanya dibuat dari adonan sagu dicampur garam, bahan pewarna makanan, dan vetsin. Kerupuk biasanya dijual di dalam kemasan yang belum digoreng. Kerupuk kulit dan Kerupuk ikan dari jenis yang sulit mengembang ketika digoreng biasanya dijual dalam bentuk sudah digoreng karena krupuk perlu digoreng sebanyak dua kali. Kerupuk perlu digoreng lebih dulu dengan minyak goreng bersuhu rendah sebelum dipindahkan ke dalam wajan berisi minyak goreng panas.

Sejarah kerupuk
Konon sejarah dari krupuk diambil dari kisah nyata tentang keluarga miskin yang memiliki banyak anak. Sehingga untuk bertahan hidup mereka rela makan nasi dengan lauk sawut (ketela pohon yang diserut/diparut/pasrah). Awal pembuatan sawut, yaitu pertama-tama ketela pohon diparut kemudian diberi air. setelah itu, parutan ketela pohon yang tercampur air diperas dan diambil sarinya. lalu diendapkan. kemudian endapan tersebut dijemur dan jadilah tepung tapioka. lalu tepung tersebut diolah menjadi krupuk, yang disebut juga krupuk samiler.
Jenis-Jenis kerupuk
  1.   Kerupuk ikan
  2. Kerupuk Ikan Palembang
  3. Kerupuk Mie Kuning
  4. Kerupuk Kedelai
  5. kerupuk Udang
  6. Kerupuk Kemplang
  7. Kerupuk Bangka
  8. Kerupuk Kulit
Ini hanya sedikit dari jenis-jenis kerupuk yang ada di Nusantara kita, Masih banyak lagi jeni-jenis kerupuk dari Nusantara yang belum kita ketahui.

5 komentar to “Sejarah Kerupuk”

  • 13 November 2011 22.11
    Ardha Strez says:

    Keren, baru tau ini :D
    follower 12, follback ya :)

    delete
  • 14 November 2011 05.24

    krupuk makanan ringan yang sangat kita butuhkan menambah nikmatnya kita makan.

    delete
  • 7 Desember 2011 12.56
    zakira afina says:

    bagus2...entry yg menarik, berinfomatif!!

    delete
  • 10 Desember 2011 15.30
    Ubi Cilembu says:

    pasti keluarga miskin itu sudah jadi pengusaha kerupu yang sukses deh...follow 33 sukses gan

    delete
  • 26 April 2013 21.44

    Makasih gan atas infonya.. n lam kenal dari tetangga sebelah

    delete

Poskan Komentar

 

Jendela Kamu Copyright © 2011