Senin, 14 November 2011

10 Airport terbaik di Dunia

,
Share

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai 10 Airport terunik di dunia , sekarang kita akan membahas mengenai 10 Bandar Udara terbaik di Dunia. Sedikit cerita mengenai Bandara (Bandar Udara).

Bandara atau bandar udara yang juga populer disebut dengan istilah Airport merupakan sebuah fasilitas di mana pesawat terbang seperti pesawat udara dan helikopter dapat lepas landas dan mendarat. Suatu bandar udara yang paling sederhana minimal memiliki sebuahlandasan pacu atau helipad ( untuk pendaratan helikopter), sedangkan untuk bandara-bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain, baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya seperti bangunan terminal dan hanggar. Berikut ini adalah 10 Airport terbaik di Dunia :

1. Seoul Incheon internasional airport

Bandar Udara Internasional Seoul Incheon adalah bandara terbesar di Korea Selatan, dan salah satu yang terbesar dan tersibuk di dunia. Sejak tahun 2005, telah berturut-turut dinilai sebagai bandara terbaik di dunia oleh Dewan Bandar Udara Internasional dan menerima peringkat 5 bintang oleh Skytrax, sebuah pengakuan bergengsi . Bandara ini terletak 70 km (43 mil) dari Seoul, ibu kota dan kota terbesar di Korea Selatan. Bandar Udara Internasional Incheon adalah terminal utama bagi Korean Air, Asiana Airlines dan Polar Air Cargo. Bandara ini dibangun di atas tanah yang direklamasi dari lautan, sama halnya seperti bandara Kansai yang ada di Jepang.

2. Hongkong Internasional airport

Bandar Udara Internasional Hong Kong (Hong Kong International Airport atau HKIA) adalah bandara internasional yang melayani daerah Hong Kong, Republik Rakyat Cina. Nama lain dari bandara ini adalah Bandara Chek Lap Kok. Bandara ini terletak di pulau Chek Lap Kok dan sejak dibuka pada tahun 1998, menjadi salah satu pusat transit yang penting di dunia karena posisinya yang strategis. Bandara berkapasitas sebesar 45 juta penumpang dengan 3 juta ton kargo dan setelah landas pacu kedua dibuka pada Mei 1999, kapasitas meningkat menjadi 87 juta penumpang dan 9 juta ton kargo. Bandara yang menjadi pusat operasi Cathay Pacific, Dragonair, Air Hong Kong, CR Airways, dan Hong Kong Express ini mendapatkan penghargaan sebagai bandara terbaik dari majalah Skytrax selama lima tahun berturut-turut (2001-2005).

3. Singapore Changi airport

Bandar Udara Internasional Changi Singapura (Singapore Changi Airport) adalah bandara internasional yang melayani Singapura. Bandara ini terletak di daerah Changi di bagian ujung timur pulau Singapura dan merupakan salah satu fasilitas penerbangan terbaik di Asia dan dunia. Bandara ini dikelola oleh Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS). Bandara Changi juga merupakan pangkalan Singapore Airlines, SilkAir, Valuair, dan Tiger Airways.

4. Zurich airport

Bandar Udara Internasional Zurich adalah bandara internasional di Zürich, Swiss.

5. Munich airport

Bandar Udara Internasional Munich adalah bandara internasional di Jerman.Sejak pembukaan Terminal 2 pada tahun 2003, Bandara Munich telah memantapkan dirinya sebagai airport Eropa yang paling modern dan tercepat. Melayani lebih dari 3.900 penerbangan mingguan, Munich Bandara adalah pintu gerbang ke Eropa, terutama ke Italia dan Eropa Tengah. Bandara Munich terpilih sebanyak 5 kali sebagai "Best Airport di Eropa", dan mendapatkan penghargaan sebagai bandara terbaik di internasional menurut Skytrax.

6. Kansai international airport

Bandar Udara Internasional Kansai adalah sebuah bandara internasional yang terletak di sebuah pulau di tengah-tengah Teluk Osaka, jauh dari pantai distrik Sennan di Osaka, Jepang. Bandara ini disebut juga sebagai Osaka Airport dalam bahasa Inggris. Kansai Internasional airport memiliki sebuah terminal bertingkat 4 yang dirancang oleh Renzo Piano Building Workshop (Renzo Piano dan Noriaki Okabe). Bangunan tersebut merupakan terminal bandara terpanjang di dunia, yang panjangnya mencapai 1,7 km.

7. Kuala Lumpur International airport

Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur adalah bandara internasional utama Kuala Lumpur, Malaysia yang terletak di Sepang, negara bagian Selangor. Dibuka pada 1998, pembangunannya memakan biaya 3,5 miliar Dolar dengan slogan "Bringing the World to Malaysia and Malaysia to the World" ("Membawa dunia pada Malaysia dan Malaysia pada Dunia").

8. Amsterdam Airport Schiphol

Bandara Udara Internasional Schiphol adalah bandara utama di Belanda yang terletak di selatan Amsterdam, persisnya di gemeente Haarlemmermeer. Schiphol adalah salah satu dari bandara-bandara di Eropa yang bersaing menjadi pintu masuk utama ke benua tersebut bersama Bandara London Heathrow di London, Britania Raya; Bandara Internasional Frankfurt di Frankfurt am Main, Jerman; dan Bandara Internasional Charles de Gaulle di Paris (Roissy), Perancis. Pada 2004, Schiphol meraih urutan keempat di Eropa untuk jumlah penumpang sebesar 42.541.000 orang, setelah bandara-bandara tersebut. Schiphol dibangun sebagai sebuah terminal besar yang kemudian dibagi menjadi tiga bagian, yang terakhir selesai pada 1994. Rencana untuk ekspansi selanjutnya juga sudah muncul. Bandara ini memiliki lima landas pacu utama dan sebuah lagi untuk penerbangan lain. Landas pacu "kelima", yang sebenarnya keenam, selesai pada 2003 dan rencana untuk landasan ketujuh sudah ada.

9. Centrair Chubu International Airport

Chubu Centrair International Airport atau Central Japan International Airport adalah sebuah bandara yang melayani daerah Nagoya di Prefektur Aichi. Bandara ini dibangun di Teluk Ise di selatan Nagoya pada sebuah pulau buatan. Dibuka pada 17 Februari 2005, bandara ini adalah pengganti bagi Bandara Nagoya. Chubu merupakan bandara lepas pantai ke-3 setelah Bandara Nagasaki dan Bandara Internasional Kansai di Osaka. Ketika bandara ini dibuka pada Februari 2005, dia langsung mengambil seluruh penerbangan komersial di Bandara Nagoya. Bandara ini dibuka untuk mengantisipasi Expo 2005 di Prefektur Aichi.

10. Auckland Airport

Bandar Udara Internasional Auckland adalah bandara internasional di Selandia Baru.

1 komentar:

  • 7 Mei 2012 pukul 21.57
    jar-admin says:

    Coba saja Indonesia masuk dari salah satu daftar di atas.

    delete

Posting Komentar

 

Jendela Kamu Copyright © 2011