Sabtu, 19 November 2011

10 Festival unik di Dunia

,
Share

Festival berasal dari bahasa latin yaitu festa atau pesta. Festival berarti pesta besar atau sebuah acara meriah yang diadakan dalam rangka memperingati sesuatu, biasanya diadakan pada hari-hari besar. namun ada beberapa festival unik didunia yang telah menjadi tradisi hingga sekarang.

Berikut ini adalah 10 festival unik di dunia :

1. Monkey Buffet Festival (Lopburi, Thailand)

Ini adalah festival buffet (makan sepuasnya) yang disediakan khusus untuk para monyet. Festival ini diadakan setiap tahun di Thailand pada Sabtu terakhir di bulan Nopember di kelenteng bernama Pra Prang Sam Yot di Lopburi, Bagkok. Ribuan kilo buah-buahan di kumpulkan untuk menjadi sebuah arena buffet yang diperuntuk kan hanya untuk monyet. Heran nya lagi monyet yang biasanya nakal ini bisa bertabiat baik di festival tersebut dan bisa bermain-main dengan para turis dan orang-orang yang mau mengambil foto monyet tersebut.

2. Festival of the Hungry Ghost (China)

Dari namanya, Festival Hantu Kelaparan, festival ini kedengaran agak mengerikan. Festival ini dirayakan di satu hari menurut penanggalan Cina dimana orang China percaya bahwa pintu makhluk halus di buka sehingga roh-roh dari bawah dunia akan naik ke atas. di hari itulah mereka percaya bahwa yang penjara roh jahat dibuka sehingga roh tersebut bisa menikmati kebebasan di hari tersebut. Orang-orang akan membakar uang kertas, mobil-mobilan dari kertas, dan semuanya yang dari kertas untuk roh-roh tersebut karena mereka mempercayai adanya kehidupan di dunia roh-roh. Ada yang membakarnya untuk sanak famili akan tetapi tidak sedikit juga yang membakar nya hanya untuk roh-roh yang tidak dia kenal. Perayaan itu sekitar 2-3 hari dan orang-orang akan memasang lantern dan dupa untuk menjaga agar roh-roh tersebut hanya di lautan dan jangan gentayangan terlalu jauh di dunia.

3. Songkran Festival ( Thailand )

Songkran adalah festival pertandingan air terbesar di dunia yang diadakan di bulan April, bulan terpanas di Tahiland. Orang-orang akan menyemprot teman nya atau bahkan orang yang tidak dikenal dengan selang, balon air, atau bahkan pistol air. Dulunya, festival ini adalah berbentuk seremoni akan tetapi lama kelaman menjadi festival yang besar yang bertahan 3-10 hari tergantung masing-masing daerah.

4. Parade Dewa obat ( Taiwan )

Lebih dari 160 kelenteng di Taiwan merayakan hari Dewa Obat dengan parade, akan tetapi kelenteng yang asli adalah kelenteng Ching Tzu di Hseuhchia. Penari, pendeta, musisi berjalan di jalanan dengan balon menyerupai Dewa Obat, dipimpin oleh kelompok yang menamakan dirinya Centipedes. Para pemjua dewa tersebut menjatuhkan diri di depan Centipedes untuk diinjak dengan keras harapan akan mengusir roh-roh jahat dari tubuhnya.

5. Konaki ( Japan )

Konaki Sumo ini kalau diterjemahkan secara harafiah berarti Tangisan Sumo Festival. Lebih dari 200 bayi akan diberikan ke murid Sumo Wresting untuk melihat bayi yang manakah yang akan menangis duluan. Tujuan nya adalah untuk mengharapkan kesehatan karena bayi yang sering menangis biasanya adalah bayi yang sehat dan kuat.

6. Kanamari Matsuri ( Kawasaki, Japan )

Festival ini bernama Kanamara Matsuri adalah festival dari orang-orang penganut kepercayaan Shinto yang diadakan di Minggu Pertama bulan April setiap tahun nya di kawasaki, Jepang. Festival ini didasari oleh legenda tentang adanya iblis bergigi tajam yang bersembunyi di Ms.V nya anak-anak muda. Iblis ini dikalahkan oleh Black Smith yang membuat Mr.P dari besi yang berhasil mematahkan gigi-gigi iblis tersebut. Festival ini sebenarnya untuk mendengungkan kesehatan kehidupan bercinta anak jaman sekarang. Pada jaman dulu para Geisha akan menghadiri festial ini dan berdoa untuk melindungi mereka dari penyakit kelamin. Tetapi apada jaman sekarang, festival ini bertujuan untuk menggalang dana untuk penelitian penyakit HIV.

7. Festival Suci ( India )

Festival Suci/ Holi adalah Festival yang diadakan di musim semi di India. Festival inijuga terkenal dengan Festival Warna-Warni karena di rayakan dengan melempar warna-warna ke orang-orang. Perayaan ini dimulai dengan api yang melambangkan pembakaran Holika, baigan dari cerita tentang datangnya iblis di kepercayaan Hindu. Akan tetapi, yang paling menarik dalam perayaan ini adalah apa yang terjadi sehari setelahnya dimana orang-orang dari segala kalangan datang untuk menari dan bernyanyi bersama-sama.

8. Festival Krakatau (Indonesia)

Festival Krakatau adalah festival tahunan yang diselenggarakan di Lampung, diadakan untuk merayakan pulau vulkanik bernama sama, Krakatau. Gunung Krakatau meletus pada 1927, letusan itu kemudian menghasilkan pulau-pulau kecil baru, yang diberi nama Anak Krakatau. Selama festival, pengunjung dapat menikmati berbagai macam pertunjukkan seperti Karnaval Tuping (Karnaval Topeng Lampung), atraksi gajah serta berbagai macam tarian dari Lampund dan kota sekitarnya. Akhir dari rangkaian acara ini adalah kunjungan ke pulau vulkanik tersebut.

9. Boryeong Mud Festival ( South Korea )

The Boryeong Mud Festival di Korea Selatan adalah tradisi yang baru di mulai di tahun 1998 untuk mempromosikan kesehatan kulit yang bisa didapakan dari lumpur yang kaya akan mineral di Boryeong. Festival ini memancing turis dari seluruh dunia yang kebanyakan sebenarnya tidak begitu peduli dengan kesehatan kulit tetapi hanya mau mendapatkan waktu yang menyenangkan di lumpur lengket ini. Selama seminggu festival ini, orang-orang ini bisa meluncur di lumpur, bergulat di lumpur, dan kontes foto. Ketika sudah selesai, anda bisa membersihkan diri dengan shampo, sabun dan sun block terkenal dari Boryeoungs.

10. Phuket Vegetarian Festival (Phuket, Thailand)

Bila anda beranggapan bahwa Festival Vegetarian ini hanya lah festival biasa dimana orang-orang berpantang daging, maka anda salah. Di festival ini ada pertunjukkan yang sangat mencengangkan dimana orang-orang akan mendemonstrasi kan kehebatan mereka untuk menindik mulut-mulut mereka dengan bahan runcing. Pemandangan yang mengerikan apalagi kalau dilihat dari jarak dekat.

3 komentar to “10 Festival unik di Dunia”

  • 22 November 2011 20.26
    bunggsu says:

    waw,,pestipal nya seru seru banget om,, yang paling seru pestipal Phuket Vegetarian Festival (Phuket, Thailand)

    delete
  • 18 Januari 2016 13.57
    Zulaikhaenda says:

    Duh itu serem gila yg festival di Thailand, gak kebayang deh kalo ane ngeliat langsung mah

    delete
  • 29 Februari 2016 00.34
    Dewa says:

    namanya juga festival ya, ada yg keren, unik, serem, ekstrim sampe aneh juga macem2 deh

    delete

Posting Komentar

 

Jendela Kamu Copyright © 2011