Rabu, 30 November 2011

Pulau Waigeo Keindahan Papua Barat

,
Share

Pulau Waigeo adalah pulau yang berada di Papua Barat di bagian timur Indonesia. Pulau ini dikenal juga dengan nama Amberi atau Waigiu. Pulau Waigeo adalah pulau terbesar dari empat pulau utama dari Kepulauan Raja Ampat. Pulau ini berada antara Pulau Halmahera dan Pulau Papua dengan jarak sekitar 65 km barat laut Pulau Papua. Pulau besar sekitarnya adalah Pulau Salawati, Pulau Batanta, dan Pulau Misool.
Luas pulau ini 3155 km², dengan titik tertinggi 1000 m. Jarak antara barat ke timur sekitar 110 km, serta utara ke selatan sekitar 50 km. Kota Waisai terdapat di bagian barat Pulau dan merupakan ibukota dari Kabupaten Raja Ampat. Sejak 1997, pulau ini telah menjadi tempat budidaya mutiara dimiliki oleh perusahaan Australia Atlas Pasifik.
di pulau ini tedapat aneka flora dan fauna, bahkan ditemukan satu spesies baru Kalacemeti jenis baru dari Pulau Waigeo merupakan salah satu anggota marga Sarax, yang tergolong dalam Suku Charinidae. Jenis baru yang diberi nama Sarax monodenticulatus ini ditemukan di dua lokasi di hutan kapur di daerah Mumes dan di dekat mata air yang dikenal dengan Air Dingin Wairabiae di dekat Desa Warsamdin. di pulau ini juga terdapat cagar alam Pulau Waigeo Barat yang secara geografis terletak antara 130°16' BT sampai 130°56' BT dan 0°25' LS. Secara administrasi kepemerintahan kawasan ini termasuk dalam wilayah Distrik Waigeo Barat, Distrik Waigeo Selatan dan Distrik Teluk Mayalibit Kebupaten Kepulauan Raja Ampat Provinsi Papua Barat.

1 komentar:

  • 1 Desember 2011 pukul 15.59
    Rouen says:

    kereeeeen Indonesia emang cakep

    delete

Posting Komentar

 

Jendela Kamu Copyright © 2011