Selasa, 15 November 2011

Pulau Kofiau

,
Share

Kepulauan Kofiau adalah salah satu objek wisata di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Kepulauan Kofiau ini terbentuk kurang lebih dari rangkaian 32 buah pulau termasuk Pulau Besar (Sub Bakken) dan gugusan Rew (Pulau Boo). Pulau Kofiau menyimpan peradaban salah satu suku laut di Indonesia. Sebelum abad 18, Kofiau menjadi kawasan jajahan Kerajaan Ternate. Legenda setempat menyebut asal kata Kofiau dari kisah kopiah Raja Jailolo yang tertinggal di pulau besar ini. Adapun Betew adalah suku yang menghuni pulau tersebut.
Suku perantau dari Pulau Waigeo atau wilayah utara dari Kofiau yang hanya berjarak 60 mil. Sejak abad 19, suku Betew telah mendiami Pulau Kofiau dan berbaur dengan para pendatang dari Pulau Biak. Dan hingga saat ini, laut seperti tak akan pernah lepas dari tali kehidupan suku Betew. Mereka memang mendiami bibir pantai. Dan mengambil ikan sekadarnya hanya untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.
Perkampungan pada Pulau ini berada pada lokasi-lokasi beberapa pulau yang letaknya berada pada bagian utara gugusan pulau ini( Kofiau Besar ), tiga pulau besar yang dijadikan olkasi pemukiman penduduk adalah, DEER, DIBALAL dan TOLOBI . Nama –nama desa/kampong disesuaikan dengan nama-nama pulau tersebut, lataknya membujur dari utara ke timur atau sebaliknya.

Pulau Kofiau besar dan pulau-pulau lainnnya dijadikan sebagai tempat mata pencaharian penduduk, misalnya : untuk membuat kebun,bercocok tanam, berburu dan lain sebagainya.Dalam struktur organisasi pemerintahan kepulauan ini telah menjadi sebuah Distrik sejalan dengan terbentuknya kabupaten Raja Ampat, maka Kepulauan Kofiau telah menjadi sebuah distrik sendiri.

Kegiatan wisata :
Di pulau kofiau ini wisatawan dapat melakukan berbagai macam aktifitas mulai dari berenang, berjemur, snorkeling, diving hingga photography bawah laut pun bisa di lakukan di pulau kofiau ini. Tetapi bagi wisatawan di sarankan jangan merusak keindahan terumbu karang yang ada di pulau kofiau ini, karena di pulau ini telah banyak terumbu karang yang mengalami kerusakan karena adanya penangkapan ikan dengan bahan2 kimia.

Karena pulau kofiau ini termasuk di kepulauan raja ampat maka di daerah ini telah memiliki dua lembaga internasional yang konsen terhadap kelestarian sumber daya alam yaitu CI (Conservation International) dan TNC (The Nature Conservancy).

Untuk mencapai pulau kofiau ini wisatawan dapat menempuh dengan menggunakan pesawat menuju sorong, setelah itu dari sorong untuk menuju pulau kofiau ini ada 2 pilihan transportasi yaitu ikut tur dengan perahu pinisi atau tinggal di resor Papua Diving.

Untuk masalah fasilitas yang ada di pulau ini para wisatawan tidak usah kawatir, karena di pulau ini meiliki fasilitas yang cukup lengkap, di pulau ini telah memiliki penginapan, tempat makan dan fasilitas penunjang lainya untuk membuat wisatawan nyaman berkunjung ke pulau kofiau ini.

1 komentar:

  • 29 November 2011 pukul 10.46

    layak dikunjungi sobat

    delete

Posting Komentar

 

Jendela Kamu Copyright © 2011